Program Studi Manajemen

PROFILE PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Program Studi Manajemen Perusahaan Fakultas Ekonomi Universitas Nasional didirikan pada bulan September 1964 dengan nama Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Perusahaan, yang dipimpin oleh Drs.M.Slamet Saubary (Alm) sebagai Dekan, dan M. Kamil Tjokroaminoto (Alm) sebagai Sekretaris Fakultas.

Periode 1964 – 1983, perkuliahan Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Perusahaan dilakukan berpindah-pindah mulai dari Jl. Pegangsaan Timur pada sore hari yang bertempat di Public Health, kemudian pindah ke Jl. Diponegoro setelah jam belajar SMA PSKD usai. Selanjutnya pindah lagi ke Jl. Perwira (SMPN 4). Ketika terjadi pemberontakkan G-30-PKI tahun 1965, mahasiswa UNAS yang tergabung dalam KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) berhasil merebut dua gedung Sekolah Cina di Jl. Kalilio 17 – 19, dan Jl. Senen Raya. Kemudian yang di Jl. Senen Raya diberikan kepada Universitas Ibnu Chaldun. Pada tahun 1966 gedung di Jl. Kalilio digunakan sebagai pusat kegiatan Universitas Nasional. Dengan demikian kegiatan perkuliahan UNAS pun ikut pindah ke gedung UNAS di Jl. Kalilio 17 – 19 yang berlangsung dari tahun 1966 sampai dengan tahun 1983.

Pada tahun 1982 UNAS berhasil membangun sebuah gedung di Jl. Sawo Manila Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan dan semua kegiatan akademik dan administrasi dipusatkan ditempat tersebut, termasuk Fakultas Ekonomi sebagai salah satu unit kegiatan Universitas Nasional. Tahun 1985 UNAS berhasil meningkatkan statusnya dari TERDAFTAR menjadi DIAKUI. Bersamaan dengan itu nama jurusan juga berubah menjadi jurusan Manajemen Perusahaan. Jumlah mahasiswa pun meningkat, sehingga pada tahun akademik 1983/1984 FE UNAS mulai melakukan kegiatan perkuliahan pada pagi hari. Selanjutnya perkuliahan dilakukan pagi, siang, sore dan malam hari hingga sekarang.

Eligibilitas Program Studi Manajemen terus berlanjut naik dari tahun ketahun. Tahun akademik 1991/1992 status Program Studi Manajemen Perusahaan meningkat dari DIAKUI menjadi DISAMAKAN, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 10131/0/1991. Tahun akademik 1997/1998 status Program Studi Manajemen Perusahaan UNAS meningkat dari DISAMAKAN menjadi TERAKREDITASI berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 001/BAN-PT/AK-1/VIII/1998. Selanjutnya pada tahun 2006 program Studi Manajemen Perusahaan UNAS TERAKREDITASI berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 001/BAN-PT/AK-1/I/2006 dengan Predikat Akreditasi A. Pada akreditasi di tahun 2010 Prodi Manajemen kembali mendapatkan Predikat A sebagaimana tertera dalam SK BAN-PT Nomor: 046/BAN-PT/Ak-XIII/II/2011).

Integritas Prodi Manajemen didalam menghadapi tantangan kedepan konsisten menerapkan program kegiatan dan pengembangan belajar mengajar. Seiring perkembangan   kurikulum   diadakan evaluasi secara berkala untuk memenuhi tuntutan masyarakat mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah diberlakukan sejak 2003/2004. Dengan kurikulum yang telah disempurnakan diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam mendapatkan ataupun membuka lapangan pekerjaan. Secara keseluruhan Prodi Manajemen telah menghasilkan lulusan sesuai kebutuhan pasar kerja sehingga lulusan cepat bekerja diberbagai sektor baik di perusahaan, instansi pemerintah, perguruan tinggi, maupun sebagai wiraswastawan.

           I Visi Program Studi Manajemen

Visi Prodi Manajemen menciptakan dan mewujudkan pendidikan tinggi yang terkemuka dalam bidang ilmu manajemen di tingkat nasional maupun internasional yang dinamis, progresif dan berkualitas pada tahun 2025

           II Misi Program Studi Manajemen

Misi yang ditetapkan oleh Program Studi Manajemen adalah sebagai berikut:

  1. Membentuk Sarjana ekonomi manajemen yang memiliki kompetensi, dan integritas tinggi serta berjiwa pancasila yang berwawasan
  2. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan mengimplementasikan keahlian dalam bidang ilmu manajemen bagi kepentingan masyarakat
  3. Membentuk Sarjana yang memiliki kemampuan tinggi dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja dan perubahan kemajuan ilmu dan teknologi, dengan mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme dalam ilmu manajemen
  4. Meningkatkan mutu dosen sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan menyelenggarakan jenjang pendidikan akademik berkelanjutan dan profesi dalam bidang manajemen untuk pengembangan ilmu dan karakter peserta didik
  5. Meningkatkan tata kelola sarana dan prasarana dalam mengembangkan kegiatan akademik dalam bidang ilmu manajemen secara efektif dan  efisien.                                                                                                                                  III Tujuan Program Studi Manajemen

Tujuan yang ditetapkan Program Studi Manajemen sebagai berikut :

  1. Tercapainya kualitas pendidikan dan pengajaran dengan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi di bidang ilmu manajemen
  2. Tercapainya kualitas dan kuantitas penelitian untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu manajemen dan teknologi, serta menunjang pengembangan proses pembelajaran
  3. Tercapainya   kegiatan   pengabdian   pada   masyarakat   untuk menerapkan ilmu manajemen dan teknologi dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat
  4. Tercapainya efisiensi dan efektivitas manajemen kelembagaan untuk menghasilkan tata kelola sarana dan prasarana Fakultas Ekonomi yang baik dan transparan
  5. Tercapainya jaringan kerjasama untuk meningkatkan kepakaran dosen sesuai bidang ilmunya.

Akreditasi A Berhak menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar dan ujian secara mandiri
Program studi Manajemen Perusahaan UNAS menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dengan memperkuat bobot bahasa Inggris bisnis serta aplikasi komputer sebagai kompetensi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar profesi serta pemecahan masalah manajemen (management problem solving). Manajemen UNAS membuka kesempatan penguasaan kemampuan manajemen dalam 4 program konsentrasi:
MANAJEMEN KEUANGAN
Membekali pemahaman tentang manajemen keuangan internasional, investasi dan portofolio, pasar modal, perilaku pasar dalam kaitannya dengan saham untuk menunjang kemampuan penyusunan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan keuangan berjangka pendek maupun panjang.
MANAJEMEN PEMASARAN
Membekali pemahaman manajemen dalam hal pemasaran internasional dan pemasaran jasa. Peminat konsentrasi ini juga diberi kemampuan analisis perilaku pasar, kemampuan bersaing, desain dan operasi riset pemasaran serta perumusan strategi pemasaran.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Membekali kemampuan dalam menganalisis kebutuhan pegawai antara mempersiapkan pelatihan dan pengembangan SDM. Dalam hal operasional dapat mengatur rekruitmen, penempatan, kompensasi (penggajian), pemeliharan personel dan pemutusan hubungan kerja. Juga memberi pemahaman mengenai ekonomi SDM dan wawasan SDM internasional.
MANAJEMEN OPERASIONAL
Memberikan kemampuan dalam perancangan dan pengembangan produk misalnya dalam penyusunan standar operasional prosedur, serta pemahaman manajemen mutu dan proyek.
PROSPEK PROFESI
Bidang Marketing, Human Resource Development, Financial Control, Quality Control, Process Control, Strategic Business, Product Development pada level manager hingga Director baik di perusahaan maupun wirausahawan.
KURIKULUM
144 Satuan Kredit Semester (SKS)
Masa studi 7 sampai 14 semester.
SARANA PENDIDIKAN
– Ruang Kuliah AC reguler
– Ruang Kuliah Student Centered Learning
– (Pemusatan belajar pada mahasiswa
dengan fasilitas multimedia dan internet)
– Laboratorium Akuntansi
– Laboratorium Komputer
– Laboratorium Statistik
– Lokasi Sekretariat Fakultas: Blok II lt.2
WAKTU KULIAH PAGI & MALAM