Sejarah Perkembangan Fakultas

          Pada mulanya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional (selanjutnya disebut sebagai FEB UNAS) merupakan bagian dari Fakultas Sosial Ekonomi dan Politik Universitas Nasional (SEP UNAS, sekarang FISIP UNAS). Kemudian atas desakan mahasiswa SEP UNAS yang berminat mempelajari ilmu ekonomi, maka pada bulan September 1964 didirikanlah Fakulltas Ekonomi Jurusan Ekonomi Perusahaan yang terpisah dari FISIP UNAS dan dipimpin oleh (Alm) Drs. M. Slamet Saubary sebagai Dekan dan (Alm) M. Kamil Tjokroaminoto sebagai Sekretaris Fakultas.

          Selama periode 1964-1983, perkuliahan dilakukan secara berpindah-pindah mulai dari di Jl. Pegangsaan Timur pada sore hari yang bertempat di Public Health, kemudian pindah ke Jl. Dipenogoro setelah jam belajar SMA PSKD usai. Selanjutnya pindah lagi ke Jl. Perwira (SMPN 4). Ketika terjadi pemberontakkan G-30-PKI pada tahun 1965, mahasiswa UNAS yang tergabung dalam KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) berhasil merebut dua gedung Sekolah Cina di Jl. Kalilio 17-19, dan Jl. Senen raya. Kemudian yang di Jl. Senen raya diberikan kepada Universitas Ibnu Chaldun. Pada tahun 1966, gedung di Jl. Kalilio digunakan sebagai pusat kegiatan Universitas Nasional. Dengan demikian, perkuliahan UNAS pun ikut pindah ke gedung tersebut. Dalam hal ini, kegiatan perkuliahan UNAS berlangsung di Jl. Kalilio 17-19 mulai dari tahun 1966-1983.
Pada tahun 1982, UNAS berhasil membangun sebuah gedung di Jl. Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Semua kegiatan akademik dan administrasi UNAS pun kemudian dipusatkan di gedung tersebut, termasuk Fakultas Ekonomi sebagai salah satu unit kegiatan Universitas Nasional. Pada tahun 1985, UNAS berhasil meningkatkan statusnya dari TERDAFTAR menjadi DIAKUI. Bersamaan dengan itu, nama jurusan juga berubah menjadi Jurusan Manajemen Perusahaan. Jumlah mahasiswanya pun terus meningkat, sehingga pada tahun akademik 1983/1984 Fakultas Ekonomi UNAS mulai melakukan kegiatan perkuliahan pada pagi hari. Hal tersebut berlangsung hingga saat ini dimana perkuliahan di fakultas tersebut dilakukan mulai dari pagi hingga malam hari.

             Pada tahun akademik 1991/1992, status Program Studi Manajemen Perusahaan meningkat dari DIAKUI menjadi DISAMAKAN berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 131/0/1991. Status tersebut pun kembali meningkat dari DISAMAKAN menjadi TERAKREDITASI pada tahun akademik 1997/1998 berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 001/BAN-PT/AK¬1/VIII/1998. Pada tahun akademik 1999/2000, Fakultas Ekonomi membuka Program Studi Akuntansi berdasarkan SK DIKTI No. 139/DIKTI/Kep/2000 tertanggal 12 Mei 2000 yang diresmikan pada tanggal 20 Agustus tahun 2000 dengan status TERDAFTAR. Pada Januari 2006, program studi tersebut pun kemudian meningkat statusnya menjadi TERAKREDITASI.

          Dalam menghadapi tantangan perubahan ke depan, sejak tahun akademik 2005/2006 Fakultas Ekonomi UNAS membuka Program Pascasarjana (S2) Manajemen yang beberapa tahun kemudian dijalankan secara independen oleh Sekolah Pascasarjana UNAS. Pada tahun 2006, Fakultas Ekonomi UNAS juga berhasil membuktikan kredibilitas Program Studi Manajemen Perusahaan yang dikelolanya setelah program studi tersebut TERAKREDITASI oleh BAN-PT dengan peringkat Akreditasi A berdasarkan Keputusan No. 001/BAN-PT/AK-1/I/2006. Di tahun 2011, Program Studi Manajemen yang sebelumnya bernama Program Studi Manajemen Perusahaan tersebut pun kembali mendapatkan peringkat Akreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 046/BAN-PT/Ak-XI II/S1/II/2011. Pada tahun yang sama, Program Studi Akuntansi juga berhasil meraih peringkat Akreditasi B berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) No. 014/BAN-PT/AK-XIV/S1/VII/2011.

          Program Studi Manajemen kembali menunjukkan kredibilitasnya di dunia akademik pada tahun 2016 setelah berhasil menerima status Akreditasi A untuk ketiga kalinya, yakni berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 0090/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2016. Di tahun yang sama, Program Studi Akuntansi juga kembali mempertahankan peringkat Akreditasi B-nya berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 0923/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016.

            Dalam rangka mengembangkan potensi perekonomian Indonesia di sektor pariwisata, Fakultas Ekonomi UNAS kemudian mendirikan Program Studi Pariwisata pada 13 September 2016 berdasarkan SK Menristekdikti RI No. 385/KPT/I/2016 untuk menyediakan SDM yang kompeten di bidang kepariwisataan yang nantinya diharapkan mampu memaksimalisasi potensi perekonomian Indonesia di sektor tersebut. Agar dapat mengakomodasi visi dan misi dari program studi tersebut yang berfokus di bidang bisnis pariwisata, Fakultas Ekonomi UNAS pun berganti nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS berdasarkan SK Rektor No. 131 Tahun 2018 tertanggal 4 Oktober 2018. Pada tahun 2019, Program Studi Pariwisata kemudian berhasil memperoleh peringkat Akreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1116/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019.

           Hingga saat ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS telah meluluskan ribuan Sarjana, yang telah bekerja di berbagai sektor baik di perusahaan, instansi pemerintah, perguruan tinggi, maupun sebagai wiraswastawan. Sarjana-Sarjana yang dilahirkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS juga terbukti telah berkontribusi secara langsung dan tidak langsung terhadap perkembangan perekonomian dan bisnis di Indonesia.