Sambutan Dekan

Assalamualaikum wr wb
Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rakhmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga kita dapat terus membangun negeri tercinta ini melalui pendidikan. Pendidikan merupakan modal dasar untuk mencerahkan dan memajukan kehidupan bangsa.
Perjalanan 56 tahun yang dilalui FEB UNAS dalam mendidik putra-putri bangsa telah membawanya pada posisi saat ini sebagai salah satu kiblat pengembangan pendidikan tinggi ekonomi dan bisnis di Indonesia. FEB UNAS telah banyak menghadapi dan melewati berbagai tantangan, namun tetap dapat menempatkan dirinya sebagai fakultas ekonomi dan bisnis yang terkemuka di Indonesia. Di masa lalu tantangan utama adalah membangun satu institusi di tengah-tengah masyarakat yang sistem kelembagaannya belum lengkap. Dari segi lingkungan satu hal yang sangat membantu adalah masih rendahnya tingkat persaingan dari institusi-institusi pendidikan yang serupa, baik karena masih belum eksis atau kehadirannya yang masih belum kuat.

Tantangan ke depan adalah bagaimana di tengah-tengah meningkatnya persaingan antara insitusi pendidikan dan pergeseran paradigma ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis. Menghadapi industri 4.0 atau era inovasi disruptif, tidak ada pilihan lain kecuali memperkuat kemampuan inovasi dan menyiapkan putra-putri terbaik Indonesia menjadi sarjana yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi dan berjiwa pancasila, dan memiliki kemampuan tinggi dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja dan perubahan kemajuan ilmu dan teknologi.

Agar dapat memberikan bekal terbaik bagi mahasiswa, FEB UNAS terus meningkatkan mutu pendidikannya baik melalui pembaruan kurikulum, pembelajaran, maupun pengembangan mahasiswa secara holistik, serta keberadaan staf pengajar dan staf pendukung yang kompeten.

Secara umum, target untuk pendidikan S1 sampai 4 tahun mendatang adalah mencapai keseimbangan baru antara konsep/teori dengan studi empris/studi kasus/lab dengan pengurangan porsi teori dan konsep yang mengarah ke spesialisasi/kekhususan tertentu dan penambahan waktu mata kuliah inti untuk analisis dunia nyata (deep core generalist with limited specialization). Penekanan dilakukan pada analisis masalah praktis yang menuntut pembuatan laporan atau makalah pendek.

Hal ini mencerminkan paradoks dari proses globalisasi, ketika permintaan menjadi semakin sering berubah dan beragam maka untuk menjaga agar sumber daya manusia mempunyai daya adaptasi tinggi, penguasaan ilmu-ilmu dasar perlu diperdalam, spesialisasi yang berlebihan pada tingkat awal hanya akan membuat proses keusangan (obsolence) cepat terjadi.

Relevansi, mutu, dan jumlah kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa terus ditingkatkan melalui berbagai program dan kerjasama. Artikel publikasi melibatkan dosen dan mahasiswa, yang dimuat di prosiding maupun journal nasional maupun internasional. Hasil-hasil penelitian diharapkan tidak saja berupa publikasi dalam jurnal nasional dan internasional, tetapi juga melahirkan inovasi dan produk yang berguna bagi masyarakat. FEB UNAS secara aktif juga menyelenggarakan kegiatan ilmiah di tingkat nasional dan internasional baik berupa seminar, konferensi, workshop, dll.

FEB UNAS akan terus meningkatkan diri agar dapat selalu memberikan yang terbaik bagi mahasiswa, bagi masyarakat, dan membangun kemajuan bangsa. Saya ucapkan selamat bekerja kepada para dosen dan karyawan. Semoga Allah SWT meridhoi dan melancarkan jalan kita. Amin

Wassalamualaikum wr wb.
Dekan FEB UNAS – Dr. Suryono Efendi, SE.,MM.