FAQ TRACER STUDY UNAS

TEKNIS PENGISIAN

Q: Apakah semua Alumni bisa mengisi kuesioner Tracer Study (TS) UNAS 2021?

A: Tidak semua Alumni bisa mengisi, responden TS UNAS 2021 hanyalah lulusan tahun 2019

Q: Jika ada Alumni Lulusan 2019, namun tidak bisa mengisi kuesioner apa yang harus dilakukan?

A: Bisa dilaporkan ke Tim Tracer Study UNAS melalui email

Q: Apakah login pada sistem TS harus menggunakan email UNAS?

A: Tidak harus, responden bisa menggunakan email apapun yang aktif digunakan. Disarankan menggunakan Gmail.

Q: Bagaimana jika setelah sign up tidak menerima email balasan dari sistem TS?

A: Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa Email dan NIM yang dimasukkan sudah sesuai (sistem TS sensitif dengan tanda “spasi”). Kedua, bisa dicoba menggunakan email yang lain. Ketiga, jika belum berhasil maka bisa dengan menghubungi Tim Call Center atau Tim Surveyor TS UNAS.

Q: Apakah pengisian kuesioner harus dilakukan di satu waktu sampai dengan selesai?

A: Tidak harus, responden dimungkinkan untuk melanjutkan kembali isian kuesioner di lain waktu, dan isian sebelumnya tetap tersimpan, selama sudah diklik menu lanjutkan (menu ini untuk mengaktifkan fitur auto-save).

Q: Apakah pengisian bisa dilakukan melalui mobile phone?

A: Sangat dimungkinkan, sistemnya sudah didesain sebisa mungkin mobile friendly. Untuk kenyamanan di dalam pengisian kuesioner melalui mobile phone, disarankan layarnya disetting landscape, mengingat beberapa kolom yang agak panjang.

Q: Jika seluruh pertanyaan sudah diisi dan sudah dianggap selesai, apakah memungkinkan untuk mengubah isian?

A: Untuk memastikan keamanan data, isian data akan secara otomatis dikunci oleh sistem begitu responden meng-klik tombol selesai sehingga tidak dimungkinkan untuk mengubah informasi. Untuk itu, mohon dipastikan isiannya sudah sesuai sebelum responden meng-klik tombol SELESAI.

ISIAN KUESIONER

Q: Apa yang dimaksud dengan aktivitas utama setelah lulus kuliah?

A: Aktivitas utama yang dimaksud adalah aktivitas yang paling dominan sejak lulus kuliah hingga saat ini. Jika Responden memiliki lebih dari 1 aktivitas yang sama-sama utama, maka yang dipilih adalah aktivitas utama yang pertama kali dilakukan setelah lulus.

Q: Di berbagai pertanyaan di dalam kuesioner, apakah lulus yang dimaksud adalah lulus wisuda atau lulus yudisium?

A: Definisi lulus yang dimaksud adalah lulus yudisium, bukan lulus wisuda.

Q: Apa yang dimaksud dengan kategori tidak bekerja?

A: Definisi tidak bekerja adalah responden yang belum berkarya, meliputi tidak bekerja, tidak berwirausaha ataupun tidak melanjutkan studi. Untuk Ibu rumah tangga bisa dianggap kategori bekerja.

Q: Bagaimana jika di tempat kerja tidak ada supervisor, karena mendapatkan posisi tertinggi di unit kerja tersebut?

A: Supervisor yang dimaksud adalah atasan langsung responden di tempatkerja. Cara paling sederhana menentukan siapa supervisornya adalah dengan melihat responden punya tanggung jawab melaporkan hasil kerjanya kepada siapa.

Q: Bagaimana menghitung waktu yang dibutuhkan untuk memulai studi lanjut?

A: Waktu yang dibutuhkan untuk memulai studi lanjut terhitung sejak proses persiapan pendaftaran hingga dengan surat penerimaan resmi diterima dari universitas atau program studi yang dituju.

LAIN-LAIN

Q: Kapan pengumuman Lucky Draw akan dilakukan?

A: Proses penentuan Lucky Draw akan dilakukan setelah proses pengumpulan data ditutup. Proses pengundian dilakukan secara random dengan menggunakan sistem dan dilakukan secara terbuka melalui Live Streaming via Youtube. Untuk peserta yang berhak mendapatkan Lucky Draw hanya Alumni yang mengisi kuesioner Tracer Study sampai dengan selesai.