HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA – 31 MEI 2020

Berita

 

31 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Peringatan Hari Tembakau Sedunia ini terus menyuarakan untuk para perokok agar tidak merokok (menghisap tembakau) selama 24 jam serentak diseluruh dunia. Hal ini bertujuan agar bisa menginformasikan bahaya rokok dan dampak buruknya untuk kesehatan. Hari Tanpa Tembakau Sedunia pertama kali digagas oleh Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1987.

Tema tahun ini 2020 adalah “Cegah anak dan remaja Indonesia dari “BUJUKAN” rokok”. Ya, saat ini justru anak-anak dan remaja yang menjadi “sasaran empuk” agar mereka mulai merokok sejak usia muda dan akhirnya menjadi perokok aktif hingga dewasa. Taktik ini tentu saja bertujuan untuk mengganti jutaan perokok yang meninggal setiap tahun dari penyakit akibat rokok, seperti penyakit jantung dan kanker mulut.

Di saat pandemi sekarang ini, kebiasaan merokok terbukti merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya sehingga dapat meningkatkan risiko terjangkit COVID-19 yang parah. Perokok yang terinfeksi COVID-19 2 kali lebih butuh ventilator dan ruang ICU (Vardavas, ConstantineI, and Katerina Niktara, 2020). Rokok merupakan faktor resiko berbagai penyakit Tidak Menular (PTM), termasuk hipertensi dan diabetes yang dapat menjadi komorbid atau penyakit penyerta yang memperparah COVID-19. Dua penyakit ini menjadi penyebab kematian tertinggi pada penderita Covid-19.

Seiring dengan dimulainya era new normal life, maka kebiasaan merokok harus dihentikan sekarang juga karena sudah terbukti merupakan perilaku yang berbahaya bagi kesehatan. Justru kebiasaan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin cuci tangan pakai sabun adalah perilaku normal yang harus kita lakukan untuk mencegah penularan penyakit.

#Tolakbujukanrokok

#Tolakajakanrokok

https://www.liputan6.com/health/read/4265980/hari-tanpa-tembakau-sedunia-kemenkes-gaungkan-kampanye-menolak-bujukan-rokok

http://promkes.kemkes.go.id/agenda/hari-tanpa-tembakau-sedunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.