PERMINTAAN AKAN UANG DI INDONESIA : EMPIRICAL EVIDENCE 1983 – 2010*

fe unas pdf file

Elwisam

Suryono Efendi

 

ABSTRAK

Studi ini bertujuan untuk menguji model permintaan akan uang di Indonesia dan pengaruh krisis ekonomi dan moneter tahun 1997 secara empiris. Hasil penelitian dengan mengunakan data permintaan akan uang dalam arti sempit (narrow money) untuk periode 1983 – 2010 dengan metode two stage least square (TSLS) menunjukkan bahwa pendapatan nasional riil, tingkat suku bunga dan tingkat inflasi yang diharapkan dan lagged money variable mampu menjelaskan variasi perubahan permintaan akan uang dalam arti sempit di Indonesia. Sedangkan dampak krisis ekonomi dan moneter tahun 1997 yang diuji dengan mengunakan dummy variable berpengaruh signifikan terhadap permintaan akan uang riil melalui perubahan slope pendapatan nasional riil dan tingkat suku bunga.

Hasil pengujian empiris menunjukkan bahwa periode 1983 – 1997 tidak terdapat skala ekonomi dalam memegang saldo riil dalam jangka panjang dan masyarakat lebih merespon perubahan tingkat suku bunga dibanding perubahan tingkat inflasi yang diharapkan dalam memegang uang dalam arti sempit. Sedangkan periode 1988 – 2010 menunjukkan terdapat skala ekonomi dalam memegang saldo riil yang mengindikasikan menurunnya kepercayaan masyarakat untuk memegang uang sebagai asset pasca krisis tahun 1997.   Hasil pengujian pasca krisis juga menunjukkan bahwa masyarakat lebih merespon perubahan tingkat inflasi yang diharapkan ketimbang tingkat suku bunga dalam memegang uang riil dalam arti sempit di Indonesia.

 

Signifikannya variabel uang lamban (lagged money variable) dalam fungsi permintaan akan uang di Indonesia periode 1983 – 2010 membuktikan terdapatnya penyesuaian permintaan parsial (partial demand adjustment) atau terdapatnya ketidakseimbangan di pasar uang sebagai akibat lambannya respon penawaran uang terhadap permintaan akan uang di Indonesia.

Keywords : Permintaan akan uang, Pendapatan nasional riil, Tingkat suku bunga, Tingkat inflasi yang diharapkan, Uang lamban, Krisis ekonomi dan moneter 1997.

(Dipublikasikan Pada Jurnal Ilmu dan Budaya, Volume 37, No.35, Oktober 2013 : Sumber Dana Penelitian Dari Dana Stimulus Penelitian Unas Jakarta)

 


-- Download PERMINTAAN AKAN UANG DI INDONESIA : EMPIRICAL EVIDENCE 1983 – 2010* as PDF --


About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *