Terobosan Baru, FEB Unas-Unhas Kerjasama Pendidikan Untuk S-2 dan S-3

Berita Galeri Kegiatan Dosen


Pelaksanaan kerjasama pendidikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional, Jakarta dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makassar untuk program magister (S-2) dan doktoral (S-3).

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional, Jakarta menandatangani kerjasama pendidikan dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makassar. Kerjasama dilakukan untuk pendidikan program magister (S-2) dan doktoral (S-3).

Kerjasama kedua fakultas dari Unas dan Unhas ini, menjadi rangkaian kesepakatan di dalam kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) FEB Unas dan FEB Unhas yang dilaksanakan di kampus Universitas Nasional, Pejaten, Jakarta pada Kamis (12/11/2020).

Penandatangan kerjasama sendiri dilakukan oleh Dekan FEB Universitas Nasional, Dr. Suryono Efendi, SE, MBA, MM dan Dekan FEB Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Rahman Kadir, SE, M.Si.

Dalam keterangannya, Prof. Dr. Rahman Kadir, SE, M.Si menyampaikan bahwa kerjasama antara FEB Unas dan Unhas sudah berlangsung cukup lama. Namun, saat ini lebih ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tuntutan jaman.

Dalam kerjasama pendidikan untuk Program Magister (S-2) dan Program Doktoral (S-3), FEB Universitas Nasional bisa menyelenggarakan layanan pendidikan di kampus Unas. Seluruh kegiatan kegiatan kemahasiswa dan administrasi yang terkait dengan program tersebut, akan dilaksanakan oleh pihak Unas.

Sementara, proses belajar-mengajar terkait dengan kurikulum dan ketentuan akademis akan dilaksanakan oleh FEB Universitas Hasanuddin. “Tentunya, kami juga akan melibatkan dosen-dosen dari Unas yang selama ini kita nilai qualified,” kata Prof. Dr. Rahman Kadir, SE, M.Si.

Karena saat ini sistem pendidikan lebih banyak luring, maka seluruh pengelolaan bisa dilakukan dari kampus Unas atau tempat masing-masing mahasiswa. “Nanti, kalau memang sudah ada kesempatan tidak luring, maka dosen-dosen dari Unhas bisa melaksanakan pengajaran di Unas, termasuk juga untuk mengajar program S-1 di Unas,” jelas Prof. Dr. Rahman Kadir, SE, M.Si.

Kerjasama ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat. “Untuk S-2 nanti akan jadi angkatan pertama dengan dua program studi, yaitu Keuangan Daerah dan Micro-finance. Sementara untuk program S-3, akan menjadi angkatan kedua, karena selama ini Unas dan Unhas sudah melaksanakan program ini,” kata Prof. Dr. Rahman Kadir, SE, M.Si.

Kerjasama lain yang juga disepakati antara FEB Unas dan FEB Unhas adalah joint riset. Dalam kaitan dengan program ini, Prof. Dr. Rahman Kadir, SE, M.Si menjelaskan bahwa saat ini untuk meningkatkan kualitas riset, diperlukan kerjasama tiga pihak.

“Pertama adalah kerjasama antara universitas di dalam negeri, dan kedua adalah kerjasama antara universitas di luar negeri,” kata Prof. Dr. Rahman Kadir, SE, M.Si.

Dijelaskan bahwa selama ini, baik Unas maupun Unhas telah menjalin hubungan baik dengan beberapa universitas di luar negeri. “Unas memiliki jaringan yang baik dengan universitas di Korea, sementara Unhas memiliki hubungan baik dengan universitas-universitas di Jerman, New Zaeland, dan beberapa negara. Kolaborasi ini akan menguatkan proyek-proyek riset yang akan dilakukan,” kata Prof. Dr. Rahman Kadir, SE, M.Si.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.