PELATIHAN PASAR MODAL

PELATIHAN PASAR MODAL

“Menambah Pengetahuan, Menggugah Minat Berinvestasi”

 

New Picture (22)

Fakultas Ekonomi Universitas Nasional kembali membuktikan konsistensinya dalam memperkenalkan pasar modal kepada mahasiswa – mahasiswi melalui Pelatihan Pasar Modal Level 1 s.d. 4 yang diselenggarakan pada tanggal 1 dan 8 April 2016 bertempat di ruang seminar Lantai 3. Pelatihan ini diselenggarakan dengan bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia dan PT Sucorinvest Central Gani. Pelatihan Pasar Modal membuka 2 sesi, yaitu sesi pagi dan siang yang masing-masing terdiri dari 30 peserta.

Mahasiswa-Mahasiswi memiliki antusiasme yang cukup tinggi dalam menanggapi Pelatihan Pasar Modal ini. Sebanyak 60 kuota peserta Pelatihan Pasar Modal langsung terisi seminggu sejak penyelenggaraan Pelatihan Pasar Modal diumumkan. Bahkan, jumlah peserta untuk kedua sesi yang diselenggarakan pada tanggal 1 dan 8 April 2016 hingga melebihi kuota yang dibatasi oleh pihak fakultas, dimana sesi pagi diikuti oleh 32 peserta dan sesi siang diikuti oleh 35 peserta. Di luar jumlah tersebut, masih terdapat banyak Mahasiswa-Mahasisiwi yang terpaksa tidak mengikuti Pelatihan Pasar Modal karena keterbatasan kuota yang tersedia.

Pelatihan Pasar Modal ini menghadirkan Bapak Sutrisna dari PT Sucorinvest Central Gani sebagai pembicara. Pelatihan Pasar Modal ini terdiri dari level 1 s.d. Level 4. Level 1 membahas mengenai investasi, produk-produk yang diperdagangkan di pasar modal, mulai dari saham, obligasi hingga reksadana. Level 2 membahas mekanisme perdagangan efek. Selain itu, kita juga diperkenalkan dengan cara pembelian saham di pasar modal secara online dengan menggunakan aplikasi “SPOT”. Adapun level 3 menjelaskan mengenai analisis fundamental, sedangkan level 4 membahas mengenai analisis teknikal. Kedua analisis tersebut dibutuhkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis saham yang layak dibeli oleh investor dengan tingkat pengembalian (return) yang menjanjikan di masa yang akan datang. Analisis fundamental biasanya digunakan oleh investor yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang, sedangkan analisis teknikal digunakan oleh investor yang berorientasi investasi jangka pendek.

Pelatihan Pasar Modal ini juga memperlihatkan fakta bahwa tidak semua saham memiliki harga yang mahal. Ada banyak perusahaan yang mengeluarkan saham dengan harga yang dapat terjangkau oleh kantong Mahasiswa-Mahasiswi dan tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi. Sebut saja Bukit Sentul yang pada tanggal 1 April 2016 kemarin sahamnya masih berada pada kisaran harga Rp 72, sehingga harga yang perlu dikeluarkan untuk saru lotnya hanya sebesar Rp 7.200. Pertumbuhan saham Bukit Sentul pun memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Pada dasarnya, Fakultas Ekonomi Universitas Nasional menyelenggarakan Pelatihan Pasar Modal untuk membekali Mahasiswa-Mahasiswinya dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai pasar modal dengan bukti Sertifikat Pelatihan Pasar Modal sebagai SPI ( Sertifikat Pelengkap Ijazah). Lebih dalam lagi, peserta Pelatihan Pasar Modal diharapkan dapat tergugah untuk memasuki pasar modal dan mulai berinvestasi di sana.

Peserta Pelatihan Pasar Modal menanggapi positif atas pelatihan ini. Salah satu peserta Pelatihan Pasar Modal, Merry Sovia Marandof (21) mengungkapkan kesannya, “Pelatihan ini sangat bermanfaat dalam memberikan pengetahuan lebih mendalam tentang pentingnya berinvestasi dan juga cara menganalisis perusahaan yang layak untuk dibeli sahamnya, baik melalui analisis fundamental, maupun analisis teknikal”. Adapun Tri Wulandari (20) menyatakan bahwa Pelatihan Pasar Modal ini menarik, disampaikan secara jelas, dan memberikan ilmu yang sangat bermanfaat. Chandra Siregar (22) bahkan berharap agar pelatihan seperti ini lebih sering lagi diadakan.

Pelatihan Pasar Modal cukup terbukti mampu menggugah minat Mahasiswa-Mahasiswi untuk berinvestasi di pasar modal. Salah satu peserta pelatihan, Fahmi (21) mengaku bahwa Pelatihan Pasar Modal membuat ia tertarik untuk masuk ke dunia pasar modal. Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya jumlah Mahasiswa-Mahasiswi yang membuka akun investasi di Galeri Investasi BEI Universitas Nasional pasca pelatihan diselenggarakan. Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi Universitas Nasional berencana untuk menyelenggarakan Pelatihan Pasar Modal periode II dalam jangka waktu dekat ini. Anda tertarik untuk mengikutinya? Segera daftarkan diri Anda ke Galeri Investasi BEI Universitas Nasional di blok 3 Lantai 1. Jangan sampai kehabisan tempat!!!

Jakarta, 8 April 2016

Penulis,

New Picture (13)

Melati (133112340250129)

Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen

Universitas Nasional

elhusnamelati@gmail.com

 

 

About

View all posts by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *